Langsung ke konten utama

Kemajuan Teknologi Informasi untuk Perkembangan Pendidikan

Resume Jurnal
“Kemajuan Teknologi Informasi untuk Perkembangan Pendidikan”


  










                                       Oleh  :
            Ni’matul Arofah           (13110159)




JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH dan KEGURUAN
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 
                                2014


       PENDAHULUAN
Teknologi Informasi akan selalu berkembang seiring zaman yang semakin modern dan serba canggih. Perkembangan teknologi berpengaruh juga terhadap perkembangan pendidikan, sehingga lahir beberapa hal baru dalam dunia pendidikan. Hal baru tersebut pada awalnya hanya memfokuskan diri pada bidang media, sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam proses, produk dan struktur atau system. Ketiga hal tersebut dikenal sebagai teknologi pendidikan (education technology). Lahirnya ilmu baru menunjuk adanya bidang kajian atau bidang kajian penelitian dengan segala perangkatnya. Hal ini menjadi pemikiran para ahli bidang teknologi pendidikan yang dapat digunakan untuk panduan dan pedoman. Dengan media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan disekolah. Kualitas ini dilihat dari meningkatnya mutu pendidikan, pembelajaran yang lebih efisien, efektif dan terakhir adalah hasil proses belajar mengajar yang maksimal. Hasil akhir adalah siswa mendapatkan pengetahuan yang lebih dan bermanfaat.

   PEMBAHASAN
Berkembangnya pemikiran-pemikiran tentang sistem pendidikan atau model pembelajaran yang terbaik untuk masa depan—yang didahului dengan berkembangnya teori dan pengetahuan mengenai otak dan kecerdasan manusia—pada dasarnya merupakan dinamikadari obsesi untuk menggelar reformasi pembelajaran (school reform).
Penggunaan media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi dimaksudkan untuk mengembangkan kurikulum disekolah yang arahnya menuju peningkatan kualitas pendidikan. Program ini menitik beratkan pada perubahan metode mengajar yang semula menggunakan media pembelajaran konvensional menuju media pembelajaran dengan menggunakan Teknologi Informasi atau reformasi.
Adapun beberapa manfaat jika menggunakan media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi antara lain:
  1. Media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi dapat meningkatkan dan pengembangan keilmuan bagi guru dan siswa khususnya dalam berkreasi dan berinovasi.
  2. Akibat inovasi tersebut dapat meningkatkan kreatifitas, keuletan serta kemampuan siswa. 
  3. Sebagai media untuk mendapatkan metode pembelajaran yang sesuai dengan keinginan siswa sehingga siswa dapat lebih menyukai pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan melalui media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah.
  4. Sebagai cara untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran yang belum tersedia di sekolah.
  5. Sebagai cara untuk mengatasi kejenuhan siswa disekolah karena media pembelajaran yang monoton.
  6. Dapat menghemat biaya pendidikan, walaupun pada saat pertama kali perlu biaya yang besar, tetapi untuk selanjutnya akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan sifat teknologi ini yang universal, sehingga dapat digunakan dalam berbagai fungsi yang berbeda.
  7. Dengan adanya pengembangan kurikulum melalui inovasi media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi di sekolah, diharapkan masyarakat dapat ikut menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran yang telah tersedia. 
  8. Memungkinkan adanya perubahan paradigma pendidikan yang lebih baik.  Dengan terwujudnya media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi ini diharapkan akan memunculkan sebuah paradigma baru dalam bidang pendidikan, dimana paradigma baru ini akan mengaitkan antara mesin dengan manusia. Manusia yang dibekali akal pikiran harus bisa menggunakan mesin sebagai alat bantu pembelajaran yang disebut dengan media pembelajaran. Media pembelajaran inilah yang diharapkan akan menjadi pilot project khususnya pada inovasi media pembelajaran konvensional menuju media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi.
Teknologi informasi dan komunikasi mutakhir yang telah berkembang sejauh ini sudah sangat memadai untuk dapat memfasilitasi, membekali, memudahkan beragam pekerjaan siswa seperti dalam proyek tersebut. Berbagai macam pekerjaan, seperti eksplorasi,pencatatan,pendataan, penghitungan atau pengolahan data, analisis, penggambaran, visualisasi,dan pengemasan dalam format akhir laporan, dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi ensiklopedia (interactive CD-ROM, multimedia),world-wide-web,pengolah kata,spreadsheet,graphic design, presentation tools, dan sebagainya.
Dengan demikian, saat ini dengan mudah seorang siswa ataupun mahasiswa mencari bahan pelajaran atau kuliahnya melalui berbagai software program ensiklopedi/tutorial yang dikemas dalam bentuk compact disc (cd) yang dengan mudah bisa di-install di komputer.Jika mau, penelusuran lebih lanjut bisa juga dilakukan dengan mengakses berbagai perpustakaan digital (digital library) yang secara on line dikaitkan dengan internet sehingga memungkinkan semua orang dari belahan dunia manapun saling berbagi informasi serta resources yang dimilikinya serta mendiskusikannya melalui fasilitas mailing list.

                                    KESIMPULAN
Penggunaan media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi untuk merupakan pengembangkan kurikulum di sekolah yang arahnya menuju peningkatan kualitas pendidikan. Penggunaan media ini memerlukan persiapan-persiapan seperti sumber daya manusia seperti kesiapan guru, siswa maupun orang tua murid.Selain itu memerlukan sarana seperti laboratorium komputer beserta pendukungnya.
Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan dapat memperbaiki proses belajar mengajar pada guru maupun siswa, dapat lebih efektif, efisien, serta mendorong kreatifitas siswa. Keuntungan lain adalah pada penghematan biaya operasional pembelajaran dan mempermudah persiapan guru dalam mengajar. Selain itu juga, akan mempermudah penilaian, mengatasi keterbatasan media pembelajaran yang tidak tersedia, serta harapannya dapat meningkatkan pengetahuan siswa.


                               DAFTAR PUSTAKA
  
Suryadi,Ace  (drace@cbn.net.id) .2007. PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN. Universitas Krisnadipayana . (Keywords: education reform, ICT, multiple intelligences, school reform )
Syahrul, Aini&Saleh.2004.TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENDIDIKAN.In Focus Digital Journal Al-Manär
Riwayadi,Purwo.PEMANFAATAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA.Imadiklus.com
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

movie review : HAFALAN SHALAT DELISA

Genre : Drama Producer: Chand Parwez Servia Directed by : Sony Gaokasak Author manuscript : Armantono Company movie : Starvision ( The story lifted from the novel with the title " Hafalan shalat Delisa" by Tere Liye . ) movie review : HAFALAN SHALAT DELISA BY : TERE LIYE Seven year anniversary of the tsunami disaster in Aceh on December 26, 2004, a family drama set in the back of one of the greatest tragedies of mankind nature has ever experienced was released in theaters many places in Indonesia. Titled memorize prayers Delisa, a novel titled the same as the work of Tere Liye. The story of the efforts of a child who survived the tsunami to continue his life, memorizing prayers Delisa recognized to have some moments that can make the audience were shocked and sympathize with all the trials through which the characters present in the story of this film.

Manusia dan Harapan yang bersifat Das Sein dan Das Sollen - ISBD

BAB I PENDAHULUAN A.                 LATAR BELAKANG          Pada dasarnya manusia dan harapan itu berada dalam satu naungan atau berdampingan. Setiap manusia pasti mempunyai harapan, manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing.          Harapan juga harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Allah SWT. Agar harapan bisa terwujud, maka manusia harus berusaha dengan sungguh-sungguh dan diikuti dengan berdo’a kepada Allah SWT. Hal ini disebabkan karena harapan dan kepercayaan tidak dapat dipisahkan. Harapan dan kepercayaan merupakan bagian dari hidup manusia selama di dunia karena setiap manusia mempunyai harapan dan kepercayaan kepada Allah SWT. B.                  RUMUSAN MASALAH 1.       Apa pengertian dari Manu

Apa itu Rebana Al-Banjari ??

Rebana yakni sebuah alat yang terbuat dari kulit lembu menyerupai bedug pada masjid , namun berukuran kecil , sehingga cara memainkannya pun dengan di bawa oleh tangan kiri , dan di mainkan dengan tangan kanan . Bagi masyarakat Melayu di negeri Pahang , permainan rebana sangat populer, terutamanya di kalangan penduduk di sekitar Sungai Pahang . Tepukan rebana mengiringi lagu-lagu tradisional seperti indong-indong, burung kenek-kenek, dan pelanduk-pelanduk. Di Malaysia, selain rebana berukuran biasa, terdapat juga rebana besar yang diberi nama Rebana Ubi , dimainkannya pada hari-hari raya untuk mempertandingkan bunyi dan irama . (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Rebana ) Saya mengenal rebana pertama kali saat bersekolah di bangku Sekolah Dasar , saat itu di tempat mengajiku aku pertama kali menerima rumusan-rumusan rebana , DTT DDDT TD TT .. :D lucu saat aku pertama kali mendengarnya ...